Telusuri
24 C
id
  • Sign in / Join
  • Advertisement
Taktis | Kami Menyampaikan, Anda Menilai
  • Beranda
  • Redaksi
  • Berita Utama
  • Politik
  • Budaya & Pariwisata
  • Hukrim
  • Lingkungan
Telusuri
Beranda Berita Utama Aplikasi "Supermen" Jadi Andalan BPSK Karawang Tangani Sengketa
Berita Utama

Aplikasi "Supermen" Jadi Andalan BPSK Karawang Tangani Sengketa

Redaksi
Redaksi
14 Des, 2024 0
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp

Karawang, Taktis.web.id – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Karawang menggelar Forum Konsultasi Teknis Penanganan dan Penyelesaian Sengketa Konsumen di Gedung Pemda Husni Hamid Karawang Jumat 13 Desember 2024. Acara ini dihadiri oleh Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Dr. M. Mufti Mubarok, Ketua BPSK Karawang Heri Suryana, S.Pd., M.Pd., Wakil Ketua BPSK Karawang Wawan Gunawan, SH., MH., dan Kepala Sekretariat BPSK Karawang Endang Sutisna, SH.  

Forum ini juga melibatkan kehadiran anggota Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM), serta peserta dari berbagai elemen masyarakat.  

Dalam sambutannya, Ketua BPKN, Dr. M. Mufti Mubarok, menyampaikan apresiasi kepada BPSK Karawang atas kinerjanya yang dinilai unggul secara nasional. Kabupaten Karawang tercatat sebagai daerah dengan indeks konsumen di level "kritis" atau setara dengan Jepang. Tingkat ini menunjukkan keberdayaan konsumen yang berani memperjuangkan haknya saat dirugikan.  

"Indeks konsumen Indonesia rata-rata baru mencapai level 'cerdas' dengan skor 60, sementara Karawang sudah mencapai skor 69. Ini adalah bukti bahwa masyarakat Karawang tidak hanya cerdas, tetapi juga kritis dan berani mengajukan gugatan ketika dirugikan," ujar Mufti Mubarok. 


Wakil Ketua BPSK Karawang, Wawan Gunawan, SH., MH., saat diwawancarai media mengatakan, BPSK Karawang telah menangani 123 perkara konsumen sepanjang 2023 hingga 2024 melalui Sistem Informasi Perlindungan Konsumen (SIPK). Sebagian besar kasus yang dilaporkan melibatkan sektor jasa keuangan non-bank, seperti leasing, koperasi abal-abal, dan pinjaman online.  

"Tahun 2023, kasus terbanyak berasal dari sektor jasa keuangan non-bank. Namun, di tahun 2024, pinjaman online dan marketplace mendominasi laporan yang masuk," jelas Wawan pada Jumat (13/12/2024). 

Dari total sengketa yang ditangani BPSK Karawang, 73 kasus berkaitan dengan pinjaman online. Wawan menjelaskan bahwa sebagian besar aduan berasal dari pinjaman ilegal dengan alamat yang tidak valid, sehingga pelaku sering tidak menghadiri proses mediasi.  

"Pinjaman ilegal menjadi masalah utama. Namun, penyedia pinjaman legal lebih kooperatif dan hadir untuk menyelesaikan masalah melalui mediasi," ungkap Wawan.  
BPSK Karawang memanfaatkan aplikasi "Supermen" (Sistem Informasi Perlindungan Konsumen) untuk memfasilitasi pengaduan dan proses penyelesaian sengketa. Aplikasi ini memberikan akses yang mudah bagi masyarakat sekaligus membantu pemantauan data kasus secara terintegrasi.  

Peringkat Nasional untuk BPSK Karawang
Atas kinerjanya, BPSK Karawang dinobatkan sebagai lembaga penyelesaian sengketa konsumen terbaik di Indonesia. 

"Ini adalah apresiasi besar untuk masyarakat Karawang yang kritis, teliti, dan berdaya dalam melindungi hak-haknya," tutup Wawan.  

Forum ini menjadi wadah penting untuk meningkatkan pemahaman tata cara pengaduan konsumen dan strategi penyelesaian sengketa di daerah, sekaligus mengukuhkan peran Karawang sebagai pionir dalam perlindungan konsumen.(Red)
Via Berita Utama
Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Anda mungkin menyukai postingan ini

Advertisement

Ikuti Kami

instagram Follow
youtube Langganan
facebook Like

Featured Post

PHK Sepihak Pekerja Outsourcing Berujung Gugatan Hukum

Redpel- Agustus 08, 2025 0
PHK Sepihak Pekerja Outsourcing Berujung Gugatan Hukum
Karawang, Taktis.web.id - Kantor Hukum Eris Suriyana, S.H., menerima pengaduan seorang perempuan berinisial A.N. yang mengaku menjadi korban pemutusan hubunga…

Most Popular

PHK Sepihak Pekerja Outsourcing Berujung Gugatan Hukum

PHK Sepihak Pekerja Outsourcing Berujung Gugatan Hukum

Agustus 08, 2025
Resmi Dilantik, Tujuh Unit Teknis Karang Taruna Kabupaten Karawang Siap Jalankan Program Strategis

Resmi Dilantik, Tujuh Unit Teknis Karang Taruna Kabupaten Karawang Siap Jalankan Program Strategis

Agustus 02, 2025
Dengarkan Suara Rakyat, Hj. Sri Rahayu Turun ke Tegalwaru, Serap Aspirasi Warga

Dengarkan Suara Rakyat, Hj. Sri Rahayu Turun ke Tegalwaru, Serap Aspirasi Warga

Juli 29, 2025

Editor Post

Kasus Perdagangan Orang, Eva Nursova Telah Kembali ke Indonesia, Keluarga Tuntut Kepastian Hukum

Kasus Perdagangan Orang, Eva Nursova Telah Kembali ke Indonesia, Keluarga Tuntut Kepastian Hukum

Maret 13, 2025
Reses II Tahun Sidang 2024-2025, Hj. Sri Rahayu Agustina Sampaikan Aspirasi di GOW Karawang

Reses II Tahun Sidang 2024-2025, Hj. Sri Rahayu Agustina Sampaikan Aspirasi di GOW Karawang

Maret 13, 2025
Disnakertrans Karawang Siapkan 200 Kuota Magang ke Jepang, Ribuan Pendaftar Berebut Kesempatan

Disnakertrans Karawang Siapkan 200 Kuota Magang ke Jepang, Ribuan Pendaftar Berebut Kesempatan

Maret 14, 2025

Popular Post

PHK Sepihak Pekerja Outsourcing Berujung Gugatan Hukum

PHK Sepihak Pekerja Outsourcing Berujung Gugatan Hukum

Agustus 08, 2025
Resmi Dilantik, Tujuh Unit Teknis Karang Taruna Kabupaten Karawang Siap Jalankan Program Strategis

Resmi Dilantik, Tujuh Unit Teknis Karang Taruna Kabupaten Karawang Siap Jalankan Program Strategis

Agustus 02, 2025
Dengarkan Suara Rakyat, Hj. Sri Rahayu Turun ke Tegalwaru, Serap Aspirasi Warga

Dengarkan Suara Rakyat, Hj. Sri Rahayu Turun ke Tegalwaru, Serap Aspirasi Warga

Juli 29, 2025

Populart Categoris

Taktis | Kami Menyampaikan, Anda Menilai

PT Mitrasoft Teknologi Indonesia

Badan Hukum: AHU-059184.AH.01.30.Tahun 2024, NPWP: 27.856.117.0-408.000
Alamat: Jl. Amarta Pundong RT.01/04
Palumbonsari Karawang Timur Kab. Karawang 41314


Contact us: taktisnetwork@gmail.com

Follow Us

© Taktis ALl Right Reserver Member of: SIG
  • Disclaimer
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Sitemap